Posted by: Hasna Diana | November 9, 2007

Kriteria Orang yang Benar dan Bertakwa

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS 2:177)

Kriteria:

1 beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi

2 memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, artinya, menyedekahkan hartanya padahal ia sangat mencintai dan menyenanginya.

3 mendirikan shalat

4 menunaikan zakat

5 orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji

6 orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan

 

Mengutip dari Tafsir Ibnu Katsir:

Ayat ini mencakup sendi-sendi yang agung, kaidah-kaidah yang umum dan aqidah yang lurus.

Penafsiran ayat ini adalah ketika pertama kali Allah SWT memerintahkan orang-orang mukmin menghadap Baitul Maqdis kemudian Dia mengalihkan ke Ka’bah, sebagian Ahlul Kitab dan kaum muslimin merasa keberatan.

Maka Allah SWT memberikan penjelasan mengenai hikmah pengalihan kiblat tersebut, yaitu bahwa ketaatan kepada Allah, patuh pada semua perintah-Nya, menghadap ke mana saja yang diperintahkan, dan mengikuti apa yang telah disyari’atkan, inilah yang disebut dengan kebaikan, ketakwaan, dan keimanan yang sempurna.

Mereka inilah orang-orang yang benar”, maksudnya mereka yang telah menyandang sifat-sifat tersebut di atas adalah orang-orang yang benar imannya. Karena mereka telah mewujudkan keimanan hati melalui ucapan dan perbuatan.

Mereka itulah orang-orang yang bertakwa,” karena mereka menjauhi segala hal yang diharamkan, dan mengerjakan berbagai macam ketaatan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: